Iklan

Yuk..Belajar NLP, Buat Hidupmu Makin Happy

11 September 2023, 18:19 WIB



Oleh: Satria Asmal, CHt,CI, CMT NLP  *) 


Suluah.id  - Pernah dengar NLP sebelumnya?
Atau pernah ngikutin kelas nya?
Kenapa makin lama makin banyak yang tertarik ya?
Nahhh..pada penasaran kan apa itu NLP,

NLP itu singkatan dari Neuro Linguistik Programing atau sederhana nya Bahasa pemograman otak, 
Loh..! Kok mirip komputer ada pemograman nya...
Hahaha jangan kaget..memang otak kita bekerja mirip dengan komputer bahkan sangat canggih dibanding komputer tercanggih sekalipun.

Otak punya caranya sendiri mengkodekan informasi, mengelola dan merespon kejadian serta membut kesimpulan dari setiap peristiwa yang ada. 

Dan ajaibnya setiap orang memiliki cara pandang masing masing dalam melihat dan menyimpulkan sesuatu, sehingga respon yang ditimbulkan terhadap setiap kejadian juga berbeda beda.

NLP ditemukan oleh Richard Brandler pada Tahun 1970, dan unik nya, ilmu ini ditemukan secara tidak sengaja ketika om Richard diminta untuk membantu Dr Robert S Spitzer untuk menyunting buku The Gestalt Approach, berdasarkan manuskrip dari. Fritz Perls, seorang terapist gestalt.

Richard Brandler juga mendengar rekaman rekaman perls saat menangani pasien nya yang kemudin diolah menjadi buku.

Beberapa waktu hal mengejutkan terjadi pada om Richard, karena tiba tiba dia berbicara dan berprilaku persis seperti Fritz Perls, Padahal om Fritz i i sudah meninggal dan om Richard belum pernah bertemu sama sekali dengan Fritz Perls ini. 

Hal ini membuat om Richard bertanya tanya, dan kemudian bertemulah beliau dengan Om Jhon grinder yang merupakan profesor linguistik. Disinilah awal interaksi mereka. Dimulai lah dilakukan pengembangan dan observasi dan diperkuat dengan mengunakan pola therapy oleh virginia satir.

Setelah melalui serangkaian pengamatan dan diskusi akhirnya tercipta lah karya  " The Structure of Magic vol 1 ( 1975) The Structure of Magic vol 2 ( 1976 ) dan changing with families (1976). 

Karya karya tersebut akhirnya menjadi peletak dasar konsep NLP yang berkembang ke seluruh dunia.
Hari ini NLP telah memiliki ilmu terapan hampir diseluruh aspek kehidupan manusia, karena NLP bekerja di perubahan Mindset dan pola fikir manusia sehingga mempengaruhi aktivitas manusia. 

Dan alur pembentukan believe system manusia terjadi sebgai berikut:
1.  cara pandang dan pola fikir  (Mindset)
2. Cara pandang dan pola fikir akan menjadi prilaku,  (behavior)
3. Prilaku akan menjadi kebiasaan (habbyt)
4. Kebiasaan yang dilakukan berulang ulang akan menjadi karakter ( character)
5. sementara karakter pada akhirnya akan membentuk nasib (Fate)

Maka dari alur dan pola pembentukan tersebut pola fikir atau mindset menempati posisi teratas dalam membantu manusia untuk mengubah diri nya.

Itulah kenapa perusahan perusahan besar, lembaga, institusi, melakukan investasi besar untuk mengubah mindset ini karena akan berpengaruh pada perubahan perilaku, kebiaasaan, karakter yang pada akhirnya akan mengubah nasib

Karena di alam ini berlaku hukum Low of Actraction, hukum tarik menarik, apa yang difikirkan maka akan ditarik menjadi kenyataan

Lalu apa saja perkembangan dan ilmu terapan NLP yang terus berkembang saat ini?
Buaaanyaaak bro...
1. NLP for Life
2. NLP for public speaking
3. NLP for manager
4. NLP for leader
5. NLP for Sale
6. NLP for therapy
7. NLP for happy life
8. NLP for Sport
9. NLP for Trainer
10. NLP for teacher
11. NLP for medic
12. NLP for Worker
13. NLP for magic work
14. NLP for miracle quran
15. NLP for education

Dan masih banyak lagi terapan ilmu nya, NLP adalah tools, alat, yang bisa gunakan sesuai dengan kebutuhan, ibarat tombol ampli kita bisa mengatur sesuai keinginan, suaranya bisa dibesarkan, dikecilkan, rasa nyaman nya diperluas, rasa marahnya diredam dan banyak hal lain nya

Didalam NLP kita bisa memodel orang orang exellence, orang orang luar biasa di sekitar kita, untuk memodel kembali, mempola kembali bagaimana cara orang itu bisa se sukses itu. 

Semuanya sudah terpola dan memiliki model. Sehingga kita sudah memiliki modal besar untuk juga ingin sukses seperti orang tersebut. Kita lihat sekarang banyak mentor mentor bisnis, mentor public speaking, coach, dll. 

Semua itu adalah dalam rangka modeling, kita tidak mesti memulai dari nol. Kita tidak harus terjebak dikesalahan yang sama karena ada yang memandu, membantu, mengarahkan sesuia dengan pengalaman yang telah dilalui nya..

Dan NLP, membantu kita untuk melakukan percepatan tersebut

Apalagi jika di kokohkan dengan pemahaman spiritual yang baik maka NLP akan memiliki daya hentak dan daya gugah yang lebih spectacular lagi dalam kehidupan ini..

Tertarik... 
Jangan tunggu lagi
Ikuti dan bergabung lah di kelas kelas NLP

*) Direktur Specta Indonesia
    Master Trainer NLP Spiritual Power
Komentar
Mari berkomentar secara cerdas, dewasa, dan menjelaskan. #JernihBerkomentar
  • Yuk..Belajar NLP, Buat Hidupmu Makin Happy

Iklan