Iklan

PDHI Sumbar Gelar Sosialisasi dan Vaksinasi Rabies Massal Gratis pada Hari Rabies Sedunia

30 September 2023, 19:42 WIB
 



Sumatera Barat, suluah.id- Dalam rangka memperingati Hari Rabies sedunia yang jatuh pada tanggal 28 September, Perhimpunan Dokter Hewan Indonesia (PDHI) Cabang Propinsi Sumatera Barat menggelar Kegiatan Sosialisasi Pencegahan Rabies untuk  2.510 Siswa di Propinsi Sumatera Barat. 

Ketua Perhimpunan Dokter Hewan Indonesia (PDHI) Cabang Propinsi Sumatera Barat Drh. Wahidin Beruh mengatakan kegiatan KIE (Komunikasi Informasi dan Edukasi/Penyuluhan) ini dilaksanakan serentak di 11 Kabupaten/Kota di 18 sekolah dasar, dan 2 di sekolah setingkat SMP di Sumatera Barat. 




Kegiatan ini dilaksanakan pada tanggal 27 September 2023, yang bertujuan untuk meningkatkan wawasan dan pengetahuan bahaya dan pencegahan Rabies baik pada hewan maupun pada manusia. 

Dengan meningkatnya pemahaman ini, diharapkan dapat mengurangi kejadian rabies pada anak, yang sering terjadi pada usia sekolah.

KIE Rabies ini dilaksanakan melalui 11 Koordinator Wilayah bekerjasama dengan Dinas Peternakan atau dinas yang membawahi fungsi peternakan Kabupaten/Kota. 




Pelaksanaan KIE di sekolah-sekolah ini juga melibatkan guru-guru di tiap sekolah. Hal terpenting yang harus diketahui oleh anak-anak adalah bahaya rabies, bagaimana mencegah rabies pada hewan dan manusia, menghindari dari gigitan anjing dan apa yang dilakukan apabila digigit oleh hewan penular Rabies, melapor pada orang tua/orang Dewasa dan guru bila tergigit anjing dan kucing.

Peringatan Hari Rabies sedunia yang dilaksanakan setiap tahun pada tanggal 28 September. Pada tahun 2023 ini, Tema peringatan Hari Rabies Sedunia adalah All For 1, One Health for All.




Dalam rangka mendukung penguatan peran profesi dan kontribusi dokter hewan dalam membebaskan Indonesia dari penyakit rabies, maka PDHI Cabang Sumatera Barat melaksanakan Vaksinasi Rabies Gratis di 40 Klinik Hewan/Praktek Dokter Hewan yang tersebar di 11 Kabupaten/Kota di Propinsi Sumatera Barat.

Pelaksanaan Vaksinasi Rabies Gratis bekerjasama dengan Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan Propinsi Sumatera Barat dan Dinas Peternakan atau Dinas yang membidangi Fungsi Peternakan Kabupaten/Kota dengan total 1.080 Dosis.




Dan momentum puncak peringatan Hari Rabies Sedunia untuk Propinsi Sumatera Barat ditandai dengan pelaksanaan Vaksinasi Rabies Massal Gratis yang dilaksanakan oleh UPT Puskeswan Kota Padang pada 28 September 2023.

"Alhamdulilah kegiatan ini terlaksana dengan baik, dengan jumlah Hewan Penular Rabies (HPR) Ter vaksin 110 ekor dengan rincian, 80 ekor HPR di Kelurahan Limau Manis Selatan meliputi 71 ekor kucing, 9 ekor anjing. Dan di Kelurahan Koto Luar berjumlah 30 ekor kucing, " jelas drh. Wahidin. 




Selain kegiatan diatas juga dilakukan kegiatan steril pada HPR yang dilaksanakan oleh PDHI Cabang Sumbar bekerjasama  dengan Rumah Sakit Hewan Sumatera Barat dengan target sebanyak 28 ekor.

"Saya selaku Ketua PDHI Cabang Sumbar mengucapkan terimakasih kepada para dokter yang telah berpartisipasi dalam  memperingati hari Rabies Sedunia dengan melaksanakan kegiatan KIE Rabies, Vaksinasi gratis di tempat praktek dokter hewan dan RS Hewan, " pungkas drh. Wahidin. (Rilis) 
Komentar
Mari berkomentar secara cerdas, dewasa, dan menjelaskan. #JernihBerkomentar
  • PDHI Sumbar Gelar Sosialisasi dan Vaksinasi Rabies Massal Gratis pada Hari Rabies Sedunia

Iklan