Iklan

Ini Penyebab Terjadinya Peregangan pada Organ Intim Wanita

13 Desember 2022, 12:10 WIB



suluah.id - Apa yang bisa menyebabkan vagina Anda meregang? Tahu dari ahlinya
Peregangan vagina dapat terjadi karena beberapa alasan, tetapi sebagian besar waktu tidak perlu dikhawatirkan. Baca terus untuk mengetahui lebih lanjut.
 
Dari hubungan seksual hingga persalinan hingga menstruasi, vagina memiliki beberapa peran dalam sistem reproduksi wanita. Seiring waktu, wanita dewasa mungkin mulai mengalami peregangan vagina di beberapa titik dalam hidup mereka. Itu bisa timbul karena berbagai alasan dan kadang-kadang bisa karena kombinasi alasan. Bahkan, mungkin tidak selalu terjadi peregangan pada vagina.
 
Ini tentu sesuatu yang harus diperhatikan tetapi tidak perlu dikhawatirkan. Namun, seperti halnya masalah lain yang berkaitan dengan kesehatan intim, disarankan untuk memahami dan menangani kondisi tersebut dengan lembut dan segera.
 
Memahami anatomi vagina
Vagina adalah organ dalam dengan lubang di bagian luar tubuh. Ini adalah saluran kuat yang menghubungkan vulva, yang berisi organ reproduksi luar, atau alat kelamin, ke rahim, yang terletak di dalam tubuh.
 
Labia disebut sebagai 'bibir' vagina. 'Labia minora' mengacu pada bibir bagian dalam yang terhubung ke vagina. Penghalang terhadap ketidaknyamanan dan kerusakan pada klitoris dan vagina. 'Labia majora' adalah lipatan kulit di bagian luar area vagina. Biasanya ukuran labia bervariasi dari wanita ke wanita dan bahkan dari satu sisi labia ke sisi lainnya.
 
Di sisi lain, infeksi, alergi, penumpukan kista, dan kelainan lainnya dapat menyebabkan labia membesar dan terasa sakit. Dalam kasus seperti itu, perhatian medis yang tepat melalui konsultasi dengan dokter kandungan disarankan.
 
Apa yang menyebabkan peregangan vagina?
Selama rentang hidup seorang wanita, vagina bisa berubah sedikit, karena beberapa faktor. Perubahan pada struktur vagina dapat disebabkan oleh perubahan hormonal, berbagai jenis infeksi, dan gesekan akibat hubungan seksual, kehamilan, dan persalinan.
 
Kehamilan adalah kondisi paling umum yang dapat menyebabkan peregangan vagina dan bentuk lain dari perubahan struktural pada vagina. Ini karena, selama masa kehamilan, saat bayi tumbuh, begitu pula rahim. Rahim mengembang untuk memberi ruang bagi bayi untuk tumbuh dan berkembang. Vagina juga meregang karena pemuaian ini. Serviks terangkat dan menjauh dari vagina saat mengembang ke atas.
 
Selain itu, perubahan kadar hormon terkait kehamilan berdampak pada vagina. Pelvis menerima lebih banyak aliran darah, yang mengubah warna vulva dan vagina ke tingkat yang lebih dalam. Jaringan ikat dinding vagina secara bertahap mengendur selama kehamilan untuk mempersiapkan persalinan. Vagina dan bukaan vagina mengembang sebentar setelah melahirkan. Apalagi seiring bertambahnya usia, dinding vagina menjadi lebih rileks dan diameternya melebar.
 
Selama siklus menstruasi, bentuk vagina bisa berubah. Vagina menyesuaikan sebagai respons terhadap perubahan hormonal karena siklus menstruasi Anda. Ketika kadar estrogen mencapai puncaknya sekitar pertengahan siklus, jaringan vagina menebal dan terisi.


Penting untuk dipahami bahwa, secara biologis, tidak ada tingkat sesak vagina yang konstan yang bertahan lama. Ada fluktuasi struktur vagina yang timbul dari beberapa faktor dan kondisi. Namun, jika Anda mengalami nyeri atau rasa tidak nyaman yang berkepanjangan di dalam dan sekitar vagina, disarankan untuk mendapatkan diagnosis dari profesional medis.( bd)
Komentar
Mari berkomentar secara cerdas, dewasa, dan menjelaskan. #JernihBerkomentar
  • Ini Penyebab Terjadinya Peregangan pada Organ Intim Wanita

Iklan