Iklan

Cacing Tanah, Obat Alami yang Manjur untuk Demam dan Typus

14 Maret 2024, 15:30 WIB


Suluah.id - Siapa sangka, makhluk tanah yang menggeliat ini menyimpan segudang manfaat? Cacing tanah, bukan hanya berperan penting dalam kesuburan tanah, tapi juga berkhasiat untuk kesehatan, terutama dalam memerangi demam, tifus, dan demam berdarah dengue (DBD).

Menyingkap Kekuatan Cacing Tanah


Cacing tanah mengandung enzim lumbrokinase yang berkhasiat sebagai antiinflamasi, antibakteri, dan antivirus. Enzim ini membantu tubuh melawan infeksi dan meningkatkan sistem kekebalan tubuh.

Berikut manfaat cacing tanah untuk kesehatan:


1. Menurunkan demam:

Lumbrokinase membantu meredakan peradangan dan meningkatkan produksi sel darah putih, sehingga membantu tubuh melawan infeksi penyebab demam.

2. Melawan tifus: 

Cacing tanah terbukti efektif melawan bakteri Salmonella typhi, penyebab tifus. Sebuah studi di Universitas Airlangga menunjukkan bahwa ekstrak cacing tanah dapat membantu pemulihan pasien tifus lebih cepat.



3. Meningkatkan trombosit pada pasien DBD: 

DBD dapat menyebabkan trombosit turun drastis. Cacing tanah membantu meningkatkan trombosit dengan merangsang produksi trombopoietin, hormon yang mengatur produksi trombosit.

Riset dan Data Akademik

Sebuah studi oleh Universitas Brawijaya menunjukkan bahwa ekstrak cacing tanah Lumbricus rubellus dapat menurunkan demam pada tikus yang diinduksi bakteri Salmonella typhi.

Penelitian di Universitas Airlangga menemukan bahwa kapsul cacing tanah membantu meningkatkan trombosit pada pasien DBD. Pasien yang mengonsumsi kapsul cacing tanah mengalami peningkatan trombosit lebih cepat dibandingkan dengan pasien yang tidak mengonsumsinya.

Cara Penggunaan dan Pengolahan Cacing Tanah


Cacing tanah dapat diolah menjadi berbagai bentuk, seperti kapsul, bubuk, atau jus. Berikut cara pengolahannya:

1. Kapsul: Cacing tanah dicuci bersih, dikeringkan, dan ditumbuk halus. Bubuk cacing tanah dimasukkan ke dalam kapsul.




2. Bubuk: Cacing tanah dicuci bersih, dikeringkan, dan ditumbuk halus. Bubuk cacing tanah dapat dicampurkan dengan madu atau air dan diminum.

3. Jus: Cacing tanah dicuci bersih, dipotong kecil-kecil, dan diblender dengan air. Jus cacing tanah dapat diminum langsung atau dicampurkan dengan jus buah lainnya.


Dosis:
  • Dewasa: 2-3 kapsul atau 1-2 sendok teh bubuk cacing tanah 3 kali sehari.
  • Anak-anak: 1 kapsul atau ½ sendok teh bubuk cacing tanah 3 kali sehari.

Perhatian:
  • Konsultasikan dengan dokter sebelum menggunakan cacing tanah untuk pengobatan, terutama bagi ibu hamil, menyusui, dan orang yang memiliki alergi.
  • Pastikan cacing tanah berasal dari sumber yang terpercaya dan bebas dari pestisida.
  • Gunakan cacing tanah dengan dosis yang tepat.

Cacing tanah, si kecil penuh manfaat, bisa menjadi alternatif pengobatan demam, tifus, dan DBD. Gunakan dengan bijak dan rasakan manfaatnya!
Untuk kemasan herbal cacing yang sudah dalam kapsul, tersedia di Pondok Herba


Mewujudkan kesehatan yang alami dan tanpa efek samping adalah dambaan setiap orang. Dengan menerapkan tips di atas, kesehatan dan kesembuhan yang diharapkan lebih mudah diwujudkan.

Pertimbangan menggunakan herbal alami berkualitas akan memberikan kesehatan yang hakiki. 

Untuk konsultasi dan cek harga herbal dengan harga terbaik dan kualitas maksimal, dapat menghubungi Tenaga Profesional Pondok Herba.


Contact

WA Pondok Herba: https://bit.ly/2UMl1k3


Komentar
Mari berkomentar secara cerdas, dewasa, dan menjelaskan. #JernihBerkomentar
  • Cacing Tanah, Obat Alami yang Manjur untuk Demam dan Typus

Iklan