Iklan

Rajin Makan Buah, Baik untuk Kesehatan Mental

23 Juli 2022, 12:33 WIB


Suluah.id -- Ada banyak cara untuk menjaga kesehatan mental dalam kehidupan sehari-hari. Tak hanya merawatnya dengan berkonsultasi ke psikolog, meditasi, atau pun melakukan perawatan diri.


Melainkan, kita juga bisa menjaga kesehatan mental dengan mengonsumsi makanan-makanan seperti buah-buahan dan sayur-sayuran. 


Makan buah dalam jumlah cukup disinyalir terkait dengan kesehatan mental. Hal itu terungkap lewat penelitian yang digagas peneliti dari Aston University, Inggris, terhadap lebih dari 400 orang dewasa. Tim meninjau kesehatan psikologis dan pola makan peserta.


Penelitian itu membantu memahami hubungan antara makanan dan kesehatan mental, yang kurang dipahami daripada dampaknya terhadap kesehatan fisik. Secara khusus, makan banyak buah dikaitkan dengan kesejahteraan mental yang lebih baik dan pengurangan gejala depresi.

 
Para ilmuwan menemukan bahwa orang yang menyantap kudapan buah alih-alih camilan dan sayuran yang gurih dan manis, memiliki skor depresi yang lebih rendah dan kesejahteraan mental yang lebih tinggi. Tim tidak lupa memperhitungkan usia, kondisi kesehatan, dan frekuensi olahraga yang dilakukan peserta.

 
Hasil studi telah dipublikasikan di British Journal of Nutrition. Akan tetapi, penelitian tidak secara langsung membuktikan bahwa makan buah meningkatkan kesejahteraan mental. Namun, penulis utama studi Nicola-Jayne Tuck menganggap sangat layak untuk membiasakan diri menyantap buah.

 
Di sisi lain, orang yang makan lebih banyak makanan gurih rendah nutrisi memiliki kesehatan mental yang lebih buruk. Tuck menyimpulkan bahwa temuan itu dapat menunjukkan bahwa sering mengemil makanan gurih yang miskin nutrisi dapat meningkatkan penyimpangan mental dan mengimbas kesehatan psikologis.

 
Makan sayuran yang mengandung banyak vitamin dan mineral juga penting. Perbedaannya terletak pada cara mengonsumsinya. Tuck menjelaskan, baik buah dan sayuran kaya akan antioksidan, serat, dan mikronutrien esensial yang meningkatkan fungsi otak yang optimal.

 
"Akan tetapi, nutrisi ini dapat hilang selama memasak. Karena kita lebih cenderung makan buah mentah, ini berpotensi menjelaskan pengaruhnya yang lebih kuat pada kesehatan psikologis," ujarnya, dikutip dari laman Metro. 




Penelitian berjudul Association of plant-based dietary patterns with psychological profile and obesity in Iranian women menemukan bahwa buah dan sayuran berdampak baik bagi kesehatan mental.


Studi tersebut mengungkap pola makan nabati yang sehat yang dikonsumsi perempuan akan menurunkan risiko depresi, kecemasan, dan tekanan psikologis.


Perlu diingat, sayur dan buah yang akan dikonsumsi itu diolah dengan baik dan sehat tanpa proses yang panjang. Pasalnya harus kamu ketahui bahwa makanan nabati yang tidak sehat dapat meningkatkan risiko depresi.


Orang yang makan buah berry lebih cenderung memiliki kesehatan mental yang lebih baik. Sebab, buah berry mampu memperbaiki suasana hati dan gejala depresi yang muncul lebih sedikit.




Cobalah mengonsumsi blueberry liar yang kaya akan mangan.Dimana mangan merupakan mineral yang penting untuk kesehatan mental.


Atau kacang-kacangan, Orang yang secara teratur makan kacang terutama kenari, cenderung tidak mengalami depresi, dibandingkan dengan orang yang tidak makan kacang.

Hal ini diungkapkan dalam jurnal berjudul Lower Depression Scores among Walnut Consumers in NHANES. Dalam penelitian tersebut mengungkap orang yang menyantap kacang kenari risiko mengalami depresi cenderung berkurang. (budi/dari berbagai sumber) 

Komentar
Mari berkomentar secara cerdas, dewasa, dan menjelaskan. #JernihBerkomentar
  • Rajin Makan Buah, Baik untuk Kesehatan Mental

Iklan