Iklan

9 Makanan yang Kaya Vitamin dan Bagus Untuk Kulit

Admin
07 Juli 2022, 15:12 WIB


Suluah.id -  Manfaat vitamin A bagi kesehatan tubuh sudah cukup banyak disadari masyarakat. Namun, tak banyak yang tahu manfaat vitamin A untuk kulit. Ternyata kesehatan kulit bisa didapatkan dari vitamin A yang selama ini hanya dipercaya baik untuk kesehatan mata.

Vitamin A dikenal menyediakan nutrisi penting untuk tubuh dan menjaga kesehatan yang baik, terutama yang berhubungan dengan mempertahankan tulang yang kuat, kulit yang sehat dan penglihatan yang baik.

Vitamin A adalah nutrisi yang paling berguna untuk kulit yang sehat dan telah digunakan di beberapa perawatan untuk menormalkan fungsi kulit. Vitamin A diketahui mempengaruhi pembentukan sel-sel kulit. Ini memodulasi elemen pertumbuhan kulit, mempromosikan diferensiasi epidermal, menekan pembentukan androgen dan juga menghambat aktivitas kelenjar sebaceous.

Manfaat vitamin A untuk kulit didapat dari kandungan nutrisinya. Vitamin A mengandung banyak antioksidan, salah satunya betakaroten. Betakaroten ini juga merupakan salah satu jenis karotenoid dalam vitamin A yang terdapat pada sayur dan buah. Sayur dan buah dengan pigmen warna merah, kuning, dan orange.

Kekurangan Vitamin A

Gejala kekurangan vitamin A yang pertama adalah kulit kering. Vitamin A penting untuk pembentukan dan perbaikan sel-sel kulitVitamin ini juga membantu melawan peradangan karena masalah kulit tertentu. Tidak mendapatkan cukup vitamin A dapat menjadi penyebab perkembangan eksim dan masalah kulit lainnya. Kekurangan vitamin A diketahui dapat menyebabkan kulit menjadi kelihatan bersisik.

Kurang asupan vitamin C akan menurunkan kadar kolagen dalam tubuh, yang kemudian berpotensi menimbulkan berbagai masalah pada kulit, misalnya kulit kasar dan kering. Kekurangan vitamin C juga dapat membuat kuku menjadi rapuh, bergaris putih, dan tampak ada titik-titik merah.

Setelah diserap dari saluran cerna, selanjutnya vitamin A akan disimpan dalam sel lemak dan hati dalam waktu lama. Jika perlu digunakan, tubuh akan melepaskannya sedikit demi sedikit agar cadangannya tidak langsung habis.


9 Makanan yang Mengandung Vitamin A


Berikut adalah beberapa jenis makanan yang memiliki kandungan yang kaya akan Vitamin A, sehingga sangat baik dikonsumsi setiap hari.


1. Hati

Hati dari daging hewan adalah sumber yang kaya akan vitamin A, selain itu hati juga mengandung nutrisi penting lainnya seperti vitamin D, E, K, B12 dan asam folat, dan mineral seperti tembaga dan besi yang diperlukan tubuh.





Hati dikenal juga bermanfaat untuk mengusir semua masalah yang berhubungan dengan kulit.


2. Wortel

Secangkir jus wortel dapat memberikan 334% kebutuhan harian akan vitamin A. Konsumsi wortel diketahui dapat meregenerasi kulit dan menjadikan  kulit selalu sehat.




Wortel dapat membuat kulit Anda menjadi lebih bersih dan lembut secara alami. Selain itu, wortel juga dapat mengontrol kadar minyak pada kulit untuk mengurangi timbulnya jerawat. Kombinasi wortel dan mentimun bisa dibuat sebagai masker untuk mengatasi masalah yang dialami kulit kering.


Wortel tidak hanya dikenal bagus untuk kesehatan mata. Tapi juga baik buat perawatan kulit wajah. Wortel mengandung vitamin C dan nutrisi lainnya yang dapat mengatasi berbagai masalah kulit wajah, seperti mengurangi flek hitam, mencerahkan kulit, mencegah penuaan dan sebagainya.  Anda bisa mengolah wortel menjadi jus atau masker wajah sebagai perawatan rutin kecantikan di rumah. 



3. Labu

Labu kuning merupakan salah satu jenis labu yang termasuk dalam famili Cucurbitaceae.
Manfaat labu untuk kesehatan tubuh tidak perlu diragukan lagi. Buah yang sering diolah menjadi sayuran ini diketahui mengandung beragam nutrisi yang baik untuk meningkatkan daya tahan tubuh hingga menjaga kesehatan jantung.



Ada berbagai jenis labu (Curcubita pepo) yang umum dikonsumsi oleh masyarakat Indonesia.Labu siam kerap digunakan sebagai campuran sayur atau lalapan, sedangkan labu kuning  dapat diolah menjadi beragam hidangan, seperti puding, kue, sup, hingga jus.

Di luar rasanya yang lezat, labu kuning sangat bergizi. Ini berkat kandungan nutrisi maupun vitamin, sehingga terkait dengan banyak manfaat kesehatan. Bahwa asupan serat yang sehat dari labu kuning, yaitu dapat membantu melancarkan pencernaan dan mengurangi risiko kanker usus besar.


Mengkonsumsi 100 gram labu dapat menyediakan 170% kebutuhan harian akan vitamin A.



4. Ubi jalar

Ubi jalar menyediakan 438% dari kebutuhan harian akan vitamin A. Ubi jalar juga sangat baik dalam memasok nutrisi ke sel-sel kulit dan juga melindungi dari infeksi. Karena khasiatnya, ubi jalar dianggap sebagai salah satu makanan terbaik yang sehat untuk kulit.



Ubi jalar kaya akan vitamin yang sangat baik untuk kesehatan kulit terutama untuk memproduksi kolagen. Dengan mengonsumsi ubi jalar secara rutin, kolagen yang diproduksi pun dapat menjaga elastisitas kulit sehingga wajah tampak lebih cerah, bersinar dan tentunya awet muda.


5. Tomat

Tomat memiliki kandungan yang rendah kalori dan tinggi dalam kandungan mineral, dan juga sarat dengan vitamin A. Satu buah tomat ukuran sedang dapat menyediakan 20% dari kebutuhan vitamin A.




Kandungan vitamin C yang tinggi dalam tomat dapat merangsang produksi kolagen. Kolagen merupakan protein yang dibutuhkan kulit untuk menjaga elastisitasnya sehingga kulit tampak kencang dan awet muda. Tak hanya itu, asupan kolagen yang tercukupi dengan baik juga dapat menjaga kelembapan kulit.

6. Peterseli

Peterseli atau yang lebih dikenal dengan nama parsley merupakan tanaman yang sering digunakan sebagai bahan makanan. Selain bisa meningkatkan cita rasa, ternyata peterseli juga memiliki banyak manfaat untuk kesehatan.



Peterseli kaya akan kandungan vitamin A dan mengkonsumsi daun peterseli setiap hari dapat menyehatkan kulit dan mencegah masalah kulit.



7. Sayuran daun hijau

Manfaat sayuran hijau bagi tubuh yang pertama adalah baik untuk menjaga kesehatan mata. Banyak antioksidan yang ditemukan dalam sayuran hijau, seperti vitamin C dan E, beta-karoten, lutein dan zeaxanthin.



Sayuran daun hijau kaya akan vitamin A serta mangan, kalsium, zat besi, Vitamin C dan K. Hijau sayuran berdaun juga dapat membantu menyingkirkan gangguan yang berhubungan dengan kulit.



8. Ikan


Manfaat minyak ikan untuk wajah adalah mencegah kulit kering, mengurangi hiperpigmentasi, melindungi kulit dari kerusakan akibat matahari, mempercepat pemulihan kulit, dan mencegah keparahan jerawat. Minyak ikan mengandung omega 3 yang sangat baik untuk kesehatan, termasuk kesehatan kulit wajah.

Menambahkan ikan pada diet harian anda dapat meningkatkan kesehatan kulit anda, hal ini karena ikan kaya akan kandungan vitamin A. Ikan juga dianggap sebagai salah satu makanan terbaik untuk kulit.





Vitamin A yang terkandung pada ikan, membantu meregenerasi kulit, mengecilkan pori-pori kulit dan mencegah keriput. Lalu vitamin E pada ikan bisa menjadi antioksidan bagi kulit karena memperpanjang usia kulit, meningkatkan imunitas dan sirkulasi darah pada kulit. 

Selanjutnya kandungan Selenium mampu melindungi kulit dari kerusakan akibat sinar UV, Seng (Zn) bisa mengontrol produksi minyak di wajah serta Magnesium bisa meningkatkan elastisitas kulit.




9. Produk susu


Salah satu manfaat minum susu sapi setiap hari adalah untuk menjaga kesehatan tulang dan gigi. Susu merupakan sumber kalsium, yaitu zat yang penting untuk kesehatan tulang.





Satu cangkir susu dapat menyediakan 10% -14% dari jumlah kebutuhan harian akan Vitamin A. Sementara itu, keju juga memberikan 1% -6% dari kebutuhan harian akan vitamin A. 

Susu adalah sumber vitamin dan mineral yang sangat baik, termasuk mengandung banyak nutrisi yang tentunya sangat bermanfaat dan dibutuhkan oleh tubuh. Susu juga merupakan sumber vitamin A, magnesium, zinc, dan tiamin (B1) yang baik.( dihimpun dari berbagai sumber )
Komentar
Mari berkomentar secara cerdas, dewasa, dan menjelaskan. #JernihBerkomentar
  • 9 Makanan yang Kaya Vitamin dan Bagus Untuk Kulit

Iklan