Iklan

Lezatnya Kuliner Berbahan Daging Sapi Asal Padang Panjang

10 Februari 2022, 11:35 WIB
Foto : Doc. Unsplash


suluah.id - Dalam hal mencukupi kebutuhan akan protein, masyarakat banyak mengkonsumsi makanan yang menggunakan bahan daging sapi. Di Indonesia, hidangan berbahan daging sapi sangat melimpah. Salah satu wilayah dengan makanan daging sapi terbanyak adalah Sumatera Barat.

Berbicara kuliner Minang berbahan daging sapi tentunya Anda tak akan melupakan makanan terlezat di dunia seperti Rendang, Soto Ayam, dan Sate Padang.

Dan khusus untuk bahan daging sapi, kita tak boleh melupakan daging sapi asal Padang Panjang yang terkenal bercitarasa manis dan berkualitas baik. 

Banyak pengusaha kuliner yang berada di kota lain di luar Kota Padang Panjang, sengaja mendatangkan secara khusus daging sapi asal Kota Padang Panjang untuk diolah menjadi kuliner andalan yang dijualnya.

Di kalangan Pebisnis Kuliner yang berbahan daging sapi di Sumatera Barat, kualitas daging sapi Padang Panjang terkenal berkualitas tinggi. Tiada duanya.

Rendang, Sate Padang, dan Soto Padang yang menggunakan bahan daging sapi dari Padang Panjang, dirasakan lebih manis dan lamak. Ini pengakuan para  Pebisnis Kuliner berbahan daging.

Berdasarkan uji organoleptik, daging sapi Padang Panjang masuk kategori normal dan baik, jelas drh. Wahidin, Kabid Peternakan dan Kesmavet Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan Kota Padang Panjang saat dimintai pendapatnya tentang kualitas daging sapi Padang Panjang.


Foto : Doc. Unsplash


Yang artinya, Aman dari kuman, Baik dari segi tekstur, warna, dan rasa. Uji organoleptik merupakan pengujian berdasarkan tingkat kesukaan. Pengujian ini penting karena berkaitan dengan selera konsumen. 

Konsumen memilih daging melalui penampilan secara fisik yang meliputi warna, tekstur, kekilapan, kebasahan serta intensitas aroma daging segar. 

Saat Hari Raya Idul Fitri tiba, los daging Pasar Padang Panjang adalah los terpadat oleh pembeli. Pembeli ini tidak hanya dari Pabasko (Padang Panjang, Batipuh, dan X Koto) saja, namun juga  dari Kota dan Kabupaten tetangga.

Keyakinan masyarakat akan lebih enaknya daging sapi Padang Panjang ini sudah berlangsung sejak dulu hingga saat ini.

Rumah Potong Hewan (RPH) Padang Panjang mengungkap kiat menjaga kualitas daging sapi yang dipotong di sana. Kualitas daging sapi dari Padang Panjang cukup terkenal, sehingga banyak warga luar kota yang sengaja datang membeli daging ke kota ini. Masyarakat masih percaya daging sapi Kota Padang Panjang bila diolah akan memiliki cita rasa yang gurih dan nikmat.

Salah satu tips menjaga kualitas daging adalah kepada cara penyembelihannya. Penyembelihan daging sapi dilakukan secara manual berdasarkan syariat Islam. Dan menjaga higienisasi dari daging yang dikonsumsi. (budi)


Komentar
Mari berkomentar secara cerdas, dewasa, dan menjelaskan. #JernihBerkomentar
  • Lezatnya Kuliner Berbahan Daging Sapi Asal Padang Panjang

Iklan