Iklan

Elum Nur Risman, Perempuan Asal Sumbar yang Lolos ke Final MTQ Internasional

Admin
09 Mei 2021, 01:31 WIB

Elum Nur Risman, Perempuan Asal Sumbar yang Lolos ke Final MTQ Internasional


Suluah.id -- Perawat asal Sumatra Barat, Elum Nur Risman,  tampil dalam ajang Musabaqah Tilawatil Quran (MTQ) tingkat Internasional "A Global Qiraat Competition" yang digelar secara virtual oleh Minhaj Welfare Foundation (MWF) , Organisasi Islam yang berpusat di Inggris. 


Lomba tersebut berlangsung selama bulan Ramadan, dan diikuti oleh peserta dari berbagai negara, mulai dari Jerman, Pakistan, Inggris, Maroko, dan masih banyak negara lainnya. 

Juri lombapun tidak tanggung-tanggung, salah satunya Mukhlis Latasi yang baru saja mengharumkan nama Indonesia di tingkat Internasional dalam ajang Puji Rasulullah di Mesir,  selain itu ada juga juri dari Pakistan, Inggris, Mesir,  Iraq, dan Moroko.

Lomba ini cukup membuat penasaran, diam-diam ratusan video peserta diseleksi, kemudian video terpilih ditampilkan dalam semi final tanpa memberitahu peserta secara langsung, namun panitia hanya mengirimkan tautan video YouTube untuk ditonton bersama pada Minggu, 25 April 2021.

"Perbedaan waktu Indonesia dan Inggris terbilang lama, sekitar 6 jam. Saat malam semifinal akan berlangsung, Elum belum juga menerima kabar bahwa dirinya lulus atau tidak, akhirnya ia memutuskan berangkat kerja," kata Devi Virhana, kakak angkat Elum.

Melihat kesibukan Elum yang malam itu bertugas sebagai perawat di RS.Yarsi Bukittinggi, Devilah yang memantau perkembangan lomba tersebut. 


Setelah berlangsung selama 3 jam, akhirnya dewan juri mengumumkan peserta yang masuk ke babak final, salah satunya adalah Elum, ia merupakan satu-satunya perempuan kategori dewasa yang maju ke babak final yang akan digelar pada malam ke 27 ramadan nanti. Lima orang lainnya laki-laki dari Jerman, Pakistan, Maroko, dan dua dari Indonesia.


Devi menuturkan perlombaan ini memang membuat penasaran peserta. Sejak lomba ini diumumkan,  ia selalu memantau perkembangannya, mulai dari pendaftaran,  hingga detik-detik pengumuman peserta yang lulus ke final. Ia juga sempat mengirimkan pesan langsung kepada Ustaz Mukhlis Latasi melalui instagram perihal kapan diumumkan,  siapa yang lulus,  karena sangat penasaran sebab panitia sangat tertutup hingga jelang pengumuman peserta. 

Mukhlis yang saat itu berada di Mesir meminta untuk bersabar dan mengirimkan tautan kontak panitia yang bisa dimintai info.Elum yang saat ini berusia 26 tahun mengaku tidak menyangka bahwa dirinya lulus ke babak final. Padahal persaingan begitu ketat, dan peserta dari berbagai negara tampil sangat memukau.

Wanita yang kerap menjuarai lomba MTQ ini, ssjak kecil dibesarkan oleh ibunya seorang diri,  sebab Ayahnya meninggal saat Ia berusia batita. Ibunya yang juga pecinta alquran membesarkan Elum dengan kasih sayang, hingga ia tumbuh menjadi penghafal alquran. 

Elum dan Ibunya menjadikan rumah sebagai pondok Alquran, pondok kayu itupun dihiasi oleh beragam tropi yang sudah diraihnya. Saat ditanya tentang impian, ia berkeinginan mengunjungi tanah suci makkah. 

Ia berharap dapat memberikan yang terbaik dalam perlombaan ini, dan dapat memberikan motivasi kepada muda-mudi untuk lebih mencintai Alquran. (Ril/bd) 

Berikut penampilan Elum Nur Risman dalam Lomba MTQ Internasional ;



Komentar
Mari berkomentar secara cerdas, dewasa, dan menjelaskan. #JernihBerkomentar
  • Elum Nur Risman, Perempuan Asal Sumbar yang Lolos ke Final MTQ Internasional

Iklan