Iklan

Antusias Siswa SMAN 3 Padang Panjang Terhadap Pembelajaran HANGEUL

07 Oktober 2023, 19:49 WIB
 


Oleh: FITRA MURNI AR
(Guru SMAN 3 Padang Panjang)


suluah.id - Tanggal 4 Oktober 2023 merupakan pertemuan terakhir program pertukaran guru Indonesia Korea secara daring antara SMAN 3 Padang Panjang, Indonesia dan Gangwon Foreign Language High School, Korea. 

Pelaksanaannya adalah Pembelajaran Hangeul (khususnya Korean Alphabet) yang diberikan langsung oleh guru- guru (Lee Jng Eiun, Ryu Jin Seon, Kim Dong Shin) dan siswa Korea kepada siswa SMAN 3 Padang Panjang melalui zoom meeting.

Meskipun melalui zoom meeting, pembelajaran ini sangat disambut hangat oleh siswa SMAN 3 Padang Panjang. Ini terlihat bagaimana mereka berebutan dalam menyusun huruf hangeul yang diberikan saat pembelajaran. Bahkan mereka juga  berpacu untuk menjawab quiz yang diberikan.

Tentunya ini juga tidak terlepas dari media pembelajaran yang digunakan saat kegiatan PBM yaitu dengan adanya satu set/ kotak yang berisikan seluruh abjad Korea/ hangeul tersebut dan papan untuk menyusunnya. 

Siswa termotivasi untuk berlatih membaca huruf dan menyusunnya sesuai dengan arahan pengajar baik guru maupun siswa Korea.

Alhamdulillah, Pembelajaran yang sangat menyenangkan dan bermakna. Siswa SMAN 3 Padang Panjang diminta untuk bisa menyusun 10 kata yang di papan yang sudah disediakan seperti tulisan Indonesia, Padang Panjang serta beberapa kata lainnya. 

Siswa yang mampu menyusun dengan baik mendapatkan hadiah gantungan kunci dengan tulisan Korea dari Gangwon Language High School. Pembelajaran selama 60 menit ini tak terasa karena siswa sangat bahagia. Sungguh mengagumkan!

Tentunya ini tidak terlepas dari Program yang luar biasa dari  Kemdikbudristek RI, Kementrian Pendidikan Korea dan APCEIU, UNESCO. 

Kami semua (Fitra Murni AR, Rosalina, Elfa Susanti dan Devi Anggreni) beserta seluruh siswa mengucapkan terima kasih kepada Kemdikbudristek RI beserta Pokja Hubungan Luar Negeri ditjen GTK, Kementrian Pendidikan Korea dan APCEIU, UNESCO atas dipercaya untuk mengikuti dan melaksanakan program Pertukaran guru Indonesia- Korea secara daring 2023 ini.

***
Komentar
Mari berkomentar secara cerdas, dewasa, dan menjelaskan. #JernihBerkomentar
  • Antusias Siswa SMAN 3 Padang Panjang Terhadap Pembelajaran HANGEUL

Iklan