Iklan

Terancam Batal, Anggaran Poprov Sumbar ke-XVI Baru Tersedia 5 Milyar Rupiah

14 September 2023, 05:13 WIB
Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga (Dispora) Sumbar, Maifrizon


Padang, Suluah.id Pemerintah Provinsi Sumatera Barat mengalokasikan anggaran sebesar Rp5 miliar untuk pelaksanaan Pekan Olahraga Provinsi (Poprov) ke-XVI yang rencananya digelar pada November 2023.

"Dana untuk Porprov ini menggunakan mekanisme berbagi (sharing) anggaran antara provinsi dan kabupaten/kota. Di APBD Sumbar 2023 anggaran yang tersedia Rp5 miliar," kata Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga (Dispora) Sumbar, Maifrizon di Padang, Rabu.

Ia mengatakan anggaran yang tersedia itu sebenarnya masih belum memadai untuk menggelar Porprov secara maksimal karena idealnya anggaran yang dibutuhkan sebesar Rp25 miliar.

Maifrizon menyebut kesempatan untuk penambahan bisa dilakukan pada APBD Perubahan 2023, tetapi melihat kondisi keuangan daerah saat ini, ia menilai kemungkinan penambahan itu sangat kecil.

Menurutnya, sebagian kabupaten dan kota di Sumbar juga belum menganggarkan dana untuk pelaksanaan Porprov Sumbar 2023. Ditambah lagi daerah yang ditunjuk sebagai tuan rumah juga berharap dukungan anggaran dari Pemprov Sumbar untuk perbaikan dan penyiapan venue pertandingan.

"Melihat beberapa kondisi itu, sepertinya agak berat untuk bisa melaksanakan Porprov 2023," katanya.

Ia menilai, dari pada memaksakan pelaksanaan Porprov dengan anggaran yang sangat minim lebih baik perhatian para atlet difokuskan pada Pekan Olahraga Wilayah (Porwil).

"Porwil menjadi salah satu tolok ukur untuk mengikuti Pekan Olahraga Nasional (PON). Lebih baik fokus untuk ini. Anggaran yang ada bisa digeser untuk Porwil," ujarnya.

Sebelumnya pada rapat kerja Provinsi (Rakerprov) KONI Sumbar selama 2 hari, Sabtu (12/8) dan Minggu (13/8), diputuskan Kota Padang Panjang dan Kota Padang menjadi tuan rumah Porprov XVI 2023.

Rencana awalnya Porprov Sumbar ke-XVI digelar sekitar bulan November 2023.( slh/ant )
Komentar
Mari berkomentar secara cerdas, dewasa, dan menjelaskan. #JernihBerkomentar
  • Terancam Batal, Anggaran Poprov Sumbar ke-XVI Baru Tersedia 5 Milyar Rupiah

Iklan