Iklan

Terbuai Hentakan Alunan Gandang Tambua

05 Agustus 2023, 06:17 WIB
Suluah.id - Gandang Minangkabau adalah sebuah alat musik tradisional dari suku Minangkabau, yang merupakan salah satu suku bangsa di Indonesia, khususnya berasal dari daerah Sumatera Barat. 

Gandang Minangkabau adalah sejenis alat musik perkusi berbentuk gendang dua sisi yang memiliki dua ujung, yang biasanya terbuat dari kulit binatang yang direntangkan di atas rangka kayu.

Alat musik ini dimainkan dengan cara dipukul menggunakan tangan atau stik, menghasilkan bunyi yang berbeda tergantung pada bagaimana kulitnya dipukul. 

Gandang Minangkabau sering digunakan dalam berbagai acara adat, upacara, pertunjukan seni, dan acara budaya lainnya di masyarakat Minangkabau.

Selain memiliki nilai estetika dan budaya, gandang Minangkabau juga memiliki peran penting dalam menyatukan masyarakat, memperkuat identitas budaya, dan sebagai media ungkapan seni tradisional yang unik dari suku Minangkabau.

Gendang ini termasuk jenis gendang yang punya dua muka (sisi untuk ditabuh) yang terbuat dari kulit kambing. Gendang ini biasanya dimainkan pada acara- acara adat yang sakral. 

Tingginya 54 sentimeter dan diameternya 46 sentimeter sehingga cukup mengesankan dan menimbulkan suara nyaring ketika ditabuh.

Penampilannya mirip dengan bedug atau gendang biasa, namun terkadang dalam acara gendang ini dihias dengan warna-warni menarik. 

Gandang tambua sebuah ansambel perkusi ritmik tanpa melodi sangat membuai pendengarnya untuk bergerak bersemangat.

Melalui ritmeritmenya yang dilahirkan dengan suara keras, tajam, dan menghentak-hentak mampu mengkobarkan semangat 'hero-ik' dan 'patriotik' para peserta upacara Tabuik. 

Selain itu gandang tambua juga difungsikan untuk rnengiringi bagian upacara yang bersifat sedih dan khidmat. (bd) 
Komentar
Mari berkomentar secara cerdas, dewasa, dan menjelaskan. #JernihBerkomentar
  • Terbuai Hentakan Alunan Gandang Tambua

Iklan