Iklan

Waspadai Gatal-gatal di Kulit Karena Skabies, Ini Obat yang Efektif untuk Mengatasi

Admin
14 Juli 2022, 18:32 WIB



suluah.id - Kulit merupakan salah satu organ tubuh manusia yang paling besar. Rata-rata kulit orang dewasa adalah sekitar 2,7 kilogram. 
Hal ini terdiri dari berbagai lapisan utama seperti epidermis, dermis, dan hipodermis. Lapisan epidermis merupakan bagian terluar dari kulit manusia.
Sedangkan dermis merupakan tempat melekatnya pembuluh darah, folikel rambut dan saraf. Lapisan ini merupakan tempat dibentuknya protein yang disebut kolegan. Sementara itu, hipodermis adalah kulit lemak atau jaringan ikat yang menjadi tempat kelenjar keringat.
Kulit juga memiliki beberapa komponen seperti air, protein, lemak, senyawa kimia, dan beberapa jenis mineral. Sehingga kulit manusia berperan penting dalam melindungi tubuh. Namun, kulit juga rentan terkena gangguan, salah satu jenis penyakit kulit yang menimbulkan rasa tidak nyaman dan membahayakan tubuh adalah skabies atau kudis.
Melansir dari Healthline, skabies merupakan penyakit kulit yang disebabkan oleh kutu Sarcoptes scabei. Penyakit ini bisa menyebabkan penderita mengalami gatal-gatal dan luka akibat garuk. Kondisi ini dapat mudah menular, sehingga harus segera dilakukan penanganan.

Epidemiologi

Komentar
Mari berkomentar secara cerdas, dewasa, dan menjelaskan. #JernihBerkomentar
  • Waspadai Gatal-gatal di Kulit Karena Skabies, Ini Obat yang Efektif untuk Mengatasi

Iklan